Acara Pelepasan

Halooo

Jadi hari ini mungkin merupakan salah satu hai yang bakalan aku kenang selalu hahaha. Jadi hari ini, tepat 3 hari sebelum aku berangkat ke Jepang dengan Monbukagakusho, diadakan pertemuan oleh pihak Kedutaan Besar Jepang dengan kami. Tapi bukan hanya yang Undergraduate saja yang diundang, yang Research Student juga diundang dalam acara ini.

Seneng sih bisa ketemuan sama teman – teman lain yang bakal berbagi suka dan duka di Jepang nantinya (?)287549

Ini foto teman – teman seperjuangan MEXT Undergraduate 2016. Sukses terus kitanya yaa!!! God Bless Us!!

Pekanbaru!!

 

Halooo

Jadi aku mau sedikit cerita nih. Sekarang ceritanya aku udah gak kuliah lagi haha. Sekarang aku lagi di Pekanbaru, yeaaayyyy!! Emang sih kedengarannya aneh banget baru balik pekanbaru sekarang, dimana aku bakalan berangkat ke Jepangnya tanggal 3 April 2016 nanti, tapi ya setidaknya bisalah sekitaran 2 minggu di Pekanbaru haha.

Sebenernya aku udah pengen banget nulis dari beberapa minggu yang lalu tentang perkembangan Monbukagakusho 2016 ini.Tapi…… laptop aku mendadak rusak beberapa minggu yang lalu. Padahal aku udah ganti ubuntu supaya bisa bawa laptop itu aja ke Jepang, ternyata usia mu cuma sampai segini aja nak T_T. Karena kejadian mendadak itulah, aku jadinya gak bisa update :”.

Jadi selama berminggu-minggu laptop aku rusak itu, ada banyaaaakkk pengumuman dari kedubes Jepang untuk kami, penerima Monbukagakusho Undergraduate 2016. Pengumuman pertama yang tentunya paling dinanti yaitu pengumuman pengurusan visa. Dan fyi aku dan Sesil langsung ngurus ke Jakarta waktu itu. Rencananya sih pengen nanya nanya tapi gak jadi banyak nanyanya, cuma sedikit doang wkwk. Bagi yang ngurus visa di Jakarta baru bisa diambil mulai tanggal 24 Maret 2016 hingga keberangkatan ( which is 3 April 2016). Padahal yang ngurus bukan di kedubes Jakarta bisa dapet visa lebih cepat, iri deh T_T.

Nah setelah pengumuman pengurusan visa, keluar deh pengumuman baru. Apa itu?? Pengumuman tiket keberangkatan!! Jadi di grup facebook, kakak kakak dari kedubes Jepang meng-upload sebuah foto yang berisikan jadwal keberangkatan kami. Sedikit berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, tahun 2016 ini keberangkatannya berbeda – beda. Buat anak D3 dan D2 itu sama-sama berangkat tanggal 3 April 2016. Sedangkan anak S1 yang di Tokyo itu tanggal 1 April 2016 dan S1 Osaka 4 April 2016. Dan baru beberapa hari yang lalu e-ticket kami dikirimkan ke e-mail masing – masing. Senang dan takut gitu (?) pas buka e-mailnya hahaha.

Pengumuman terakhit yaitu pengumuman tentang orientasi dari pihak kedubesnya yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2016. Sebelumnya dilakukan vote dulu supaya dapat tanggal yang pas, dan untungnya dapet tanggal 31 Maret 2016. Semoga lancar – lancar aja entar orientasinya wkwk.

Jadi ya, mungkin itu aja update selama laptop aku rusak. Gak terasa sih, kurang lebih 18 hari lagi akan berangkat ke Jepang. Gak bisa dibilag sih aku enggak takut, tapi ya selain rasa takut itu, aku juga….. semacam excited (?) karena aku mendapat pengalaman baru yang aku impikan sejak dulu. Wish me luck!