6 Months!!!

4 April 2016 adalah hari yang tidak bisa dilupakan sampai kapanpun (spertinya haha). Yup, tepat pada saat itu adalah kali pertama aku menginjakkan kaki di Jepang, di Narita Airport. Dan sekarang sudah enam bulan saja berlalu. Benar – benar tidak terasa. Kalau dihitung – hitung masa nihongo gakkou hanya bersisa kurang dari lima bulan lagi, waktu untuk persiapan JLPT kurang dari dua bulan lagi, dan setelah itu semua selesai, lanjut lagi ke tahap baru di Kousen, di Suzuka Kousen.

Selama enam bulan disini, banyak banget hal yang sudah terjadi. Mau yang bagus, yang nyebelin, yang bikin bad mood, yang bikin seru, macem macem deh. Dan dengan itu semua, akhirnya mulai bisa mengerti gimana cara dan rasanya hidup sendiri, jauh di negeri orang. Enggak mudah. Tidak sama 100% dengan yang dipikirkan di awal sebelum berangkat. Banyak rencana yang tidak bisa direalisasikan. Baik karena kesalahan dari diri sendiri maupun juga dari hal – hal eksternal yang tidak terduga. Susah? Susah memang. Apakah ada penyesalan? Enggak dong.

Dan setelah berada enam bulan disini aku jadi semakin yakin bahwa pilihan aku untuk kesini dan memilih program ini memang jalan yang diberikan Tuhan. Dan aku bersyukur karenanya. Kalau bukan melalui program ini, mungkin kehidupan aku enggak akan menjadi se’meriah’ ini. Mungkin kalau bukan disini, aku gak bakal bisa ketemu teman – teman aku yang sekarang (yang dimana aku sangat merasa beruntung bisa bertemu mereka). Dan aku akhirnya belajar untuk mensyukuri apa yang ada, karena aku semakin yakin itulah yang terbaik yang diberikan-Nya.

Enam bulan dari sekarang, kehidupan di Kousen mungkin akan lebih berat, lebih membosankan, tidak semeriah keadaan yang sekarang ini. Tapi kalau semakin dipikirkan pun, apakah akan berubah? Tiba-tiba jadi santai? tidak kan. Satu – satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengusahakan yang terbaik dimasa sekarang, agar di masa depan kita sudah siap untuk menjalaninya. Terkesan terlalu klise memang tapi itulah keadaan ku sekarang. Tapi satu tips adalah, bersyukur. Bersyukur dengan apa yang ada sekarang ini. Bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada kita.

Masa depan itu mungkin terlihat gelap, hitam, tak ada harapan. Itu karna sering kita melihat masa depan dengan mata yang tertutup dengan segala kegelisahan. Coba kita buka mata kita dan lihat kedepan. Sebenarnya masa depan itu adalah kertas putih yang siap diisi dengan hasil – hasil perbuatan kita sekarang ini.

 

Processed with VSCO with hb2 preset
曼珠沙華祭り
Advertisements

Pekanbaru!!

 

Halooo

Jadi aku mau sedikit cerita nih. Sekarang ceritanya aku udah gak kuliah lagi haha. Sekarang aku lagi di Pekanbaru, yeaaayyyy!! Emang sih kedengarannya aneh banget baru balik pekanbaru sekarang, dimana aku bakalan berangkat ke Jepangnya tanggal 3 April 2016 nanti, tapi ya setidaknya bisalah sekitaran 2 minggu di Pekanbaru haha.

Sebenernya aku udah pengen banget nulis dari beberapa minggu yang lalu tentang perkembangan Monbukagakusho 2016 ini.Tapi…… laptop aku mendadak rusak beberapa minggu yang lalu. Padahal aku udah ganti ubuntu supaya bisa bawa laptop itu aja ke Jepang, ternyata usia mu cuma sampai segini aja nak T_T. Karena kejadian mendadak itulah, aku jadinya gak bisa update :”.

Jadi selama berminggu-minggu laptop aku rusak itu, ada banyaaaakkk pengumuman dari kedubes Jepang untuk kami, penerima Monbukagakusho Undergraduate 2016. Pengumuman pertama yang tentunya paling dinanti yaitu pengumuman pengurusan visa. Dan fyi aku dan Sesil langsung ngurus ke Jakarta waktu itu. Rencananya sih pengen nanya nanya tapi gak jadi banyak nanyanya, cuma sedikit doang wkwk. Bagi yang ngurus visa di Jakarta baru bisa diambil mulai tanggal 24 Maret 2016 hingga keberangkatan ( which is 3 April 2016). Padahal yang ngurus bukan di kedubes Jakarta bisa dapet visa lebih cepat, iri deh T_T.

Nah setelah pengumuman pengurusan visa, keluar deh pengumuman baru. Apa itu?? Pengumuman tiket keberangkatan!! Jadi di grup facebook, kakak kakak dari kedubes Jepang meng-upload sebuah foto yang berisikan jadwal keberangkatan kami. Sedikit berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, tahun 2016 ini keberangkatannya berbeda – beda. Buat anak D3 dan D2 itu sama-sama berangkat tanggal 3 April 2016. Sedangkan anak S1 yang di Tokyo itu tanggal 1 April 2016 dan S1 Osaka 4 April 2016. Dan baru beberapa hari yang lalu e-ticket kami dikirimkan ke e-mail masing – masing. Senang dan takut gitu (?) pas buka e-mailnya hahaha.

Pengumuman terakhit yaitu pengumuman tentang orientasi dari pihak kedubesnya yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2016. Sebelumnya dilakukan vote dulu supaya dapat tanggal yang pas, dan untungnya dapet tanggal 31 Maret 2016. Semoga lancar – lancar aja entar orientasinya wkwk.

Jadi ya, mungkin itu aja update selama laptop aku rusak. Gak terasa sih, kurang lebih 18 hari lagi akan berangkat ke Jepang. Gak bisa dibilag sih aku enggak takut, tapi ya selain rasa takut itu, aku juga….. semacam excited (?) karena aku mendapat pengalaman baru yang aku impikan sejak dulu. Wish me luck!

(Masih) Menunggu…

Hm..

Seperti judulnya, menunggu. Jadi selama seminggu ini, menunggu tentang proses kelanjutan dari Monbukagakusho 2016. Tapi… masih belum keluar pengumuman baru lagi. Sebenarnya udah ada pengumuman (lumayan) baru yaitu penempatan sekolah bahasa. Dimana aku ditempatin di JASSO TOKYO!! Excited dan takut bercampur menjadi satu (?) hehe.

Semoga minggu depan (atau secepatnya) keluar pengumuman pengurusan selanjutnya supaya aku bisa tau kapan bisa balik ke Pekanbaru nya :”).

Wish me luck (?) ya~~~ LOL

 

(Sedikit) Perkembangan

Oke, jadi hari ini ada satu post di grup FB yang ngebuat aku merasa sedikit kurang ter-PHP-kan (?). Jadi ada post di FB yang kurang lebih menyuruh kami untuk mengirimkan scan identitas passport kami ke pihak kedubes untuk pengurusan tiket. Dalam hati mah aku mikirnya “yesss kami tidak dilupakan (?)” wkwk.

Kelihatannya lebay sih, tapi denger denger nih ya, anak anank Monbu emang sering ter-php-kan karena pengumumannya yang terkadang tak tentu ini. Tapi dengan adanya post ini, setidaknya rasa gundah ku (?) sedikit berkurang. Semoga aja dilancarkan hingga bulan April nanti.

Semangat!!

Ps. Sekitaran 2 bulan sebelum berangkat dan masih merasa ini mimpi.